Posted by : Unknown Sabtu, 03 November 2012


Artikel tentang Mozilla Firefox


Mozilla Firefox
DEFINISI atau Pengertian istilah Mozilla Firefox apa yang dimaksud dengan mozilla firefox? - Awalnya bernama Phoenix, dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird, adalah aplikasi penjelajah web antarplatform bersifat gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla, dan ratusan sukarelawan.

Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. saat tulisan ini dibuat, Mozilla Firefox sudah mencapai versi 3.6.6.Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dariForbes dan Wall Street Journal.  Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratissumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. 
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan cliente-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting.  Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
Sejarah Firefox 
Bukan hal yang asing lagi bagi pelancar dunia maya tentang firefox. Browser besutan Mozilla ini memang sangat power full dalam membantu setiap aktifitas kita di dunia maya. Fungsionalitasnya sangat meluas dengan berbagai fitur seperti add-on, tema, plugin dan skrip. Tapi tahukan anda awal mula nama firefox sebelumnya? Nah pada kesempatan kali ini awalmula.com akan berbagi informasi tentang sejarah awal mula firefox sebagai penambah ilmu pengetahuan kita.
Sebelumnya Mozilla Firefox bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird, merupakan penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihakmedia, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini.

     KELEBIHAN MOZILLA FIREFOX DIBANDINGKAN INTERNET EXPLORER (IE)
a. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB
b. Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
c. Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal.
d. Mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
e. Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas.
f. Fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
g. Tampilan browser dapat dikustomisasi menggunakan skin.
h. Fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser.
i. Hasil cetak halaman secara otomatis diperkecil, sehingga tidak terpotong seperti halnya IE
j. Lebih aman, tidak ada lubang-lubang sekuritas seperti yang terdapat pada IE.
KELEMAHAN MOZILLA FIREFOX DIBANDINGKAN INTERNET EXPLORER (IE)
a. Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox
b. Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
c. Tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle,misalnya untuk men-download web calendar
d. Terdapat perbedaan penampilan halaman situs dengan IE, terlebih apabila halaman situs dirancang untuk menampilkan halaman tersebut dengan benar.
e. Instalasi plug-in tidak semudah pada IE, misalnya untuk menginstal Flash Player, Shockwave, Java Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis). Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi Microsoft secara online, misalnya aktivasi Microsoft Reader

Fitur Baru di Firefox 3.6

PERSONAS

Bosan dengan tampilan standar? Kini Anda bisa dengan cepat mempercantik tampilan peramban Anda dengan hanya mengunjungi situs Personas. Cukup geser mouse ke tema untuk mencoba, kemudian klik untuk menggunakannya.Firefox rasa Batik? Firefox rasa Kaskus? Gampang!

PENGECEKAN PLUGIN

Firefox sering crash? Versi plugin yang terlalu tua mungkin salah satu penyebabnya. Firefox 3.6 akan memperingatkan Anda jika versi plugin pada Firefox Anda sudah terlalu tua. Anda juga dapat mengeceknya langsung di situs pengecekan plugin Firefox.

PERUBAHAN POSISI TAB BARU

Jika sebelumnya secara default Firefox membuka tab baru (dari halaman yang sedang tampil) dengan posisi paling ujung kanan pada bilah tab, kini posisi tab baru tersebut akan terbuka di sebelah kanan tab yang sedang tampil. Tak perlu lagi bingung mencari tab baru yang terbuka ketika Anda sedang menggugel sesuatu!

VIDEO LAYAR PENUH

Firefox 3.5 menyediakan dukungan untuk tag HTML <video> agar Anda dapat menampilkan video tanpa plugin apapun. Kini Anda dapat memutar video tersebut dalam mode layar penuh (full screen). Anda dapat mencoba fitur video di situs kami.

PENINGKATAN KECEPATAN

Antarmuka yang lebih responsif dan memuat halaman dengan lebih cepat kini telah tersedia pada Firefox 3.6. Perbaikan pada kode program juga telah membuat waktu memulai Firefox 3.6 kini menjadi lebih cepat dibandingkan Firefox versi sebelumnya.

PERBAIKAN STABILITAS

Kini Firefox 3.6 menjadi lebih stabil dengan perubahan struktur komponen yang berasal dari pihak ketiga. Diharapkan dengan perubahan ini kejadian crash pada Firefox Anda akan lebih jarang.

DUKUNGAN FONTASI DALAM FORMAT WOFF

Lupakan fontasi standar! Untuk para pengembang web, Anda dapat menyertakan fontasi yang Anda inginkan untuk ditampilkan pada pemirsa situs Anda. Silakan baca penjelasan tentang fitur ini untuk keterangan lebih lanjut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

share it

Like yah fren.... by : Xpress2 Smile U Don`t Cry....
Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Xpress2 - Axiolus.blogspot.com SMILE U DON`T cry....

Daftar Blog Saya

Sekolah terbaik Kuningan

Jadwal solat

Welcome

Spenda Kuningan CREW

Total Tayangan Halaman

Masih loading bro... sabar ya...
Widget by Blogger Bugis

Fb

Like Yah Fren....

Blogger news

!-- Top Commentators Cloud Start.-->
Get widget

Jam

Sms free

Jumlah Komentar

Widget Sumber : http://Axiolus.blogspot.com dan http://spectarius.blogspot.com Like yah... Smile U Don`t Cry...

Slide Show

Widget Slideshow

Warna Background

Cursor

Ada teks yang mengikuti kursor anda Jadikan blog ini blog Favorit anda Smile u don`t cry... Xprss2

Like

Like Yah Fren....
Powered By Blogger

Do not COPY

Maaf...... Halaman/blog ini tidak untuk di copy, maka anda tidak bisa klik kanan, Visit http://spectarius.blogspot.com Terimakasih....

Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

rainbow teks

Judul

Terdapat tulisan judul yang berubah, Apakah anda menginginkan nya? Kirim permintaan anda ke "http://spectarius.blogspot.com" Terimaksih....

Flag Country Visitor

Flag Counter

- Copyright © Xpress2 -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -